Kamis, 04 Agustus 2011

Peternakan di Desa Sukanagara

Peternakan
     Perternakan Desa Sukanagara terdiri dari hewan sapi dengan jumlah pemilik 1 orang dan jumlah populasi sapi 3 ekor, hewan kebau jumlah pemiliknya 4 orang dan jumlah populasinya 20 ekor, ayam kampung jumlah pemiliknya 1106 orang dan jumlah populasinya 4000 ekor, kambing dengan jumlah pemilik 15 orang dan jumlah populasinya 125 ekor, domba pemiliknya 100 orang dengan jumlah populasi 300 ekor, burung wallet jumlah pemiliknya 1 orang dengan jumlah populasi 1000 ekor. Sedangkan hewan anjing dengan jumlah 9 ekor yang hidup dengan liar dikawasan Desa Sukanagara.
Produk yang dihasilkan dari perternakan yaitu telur 1200 kg/tahun, air liur burung wallet 4 kg/tahun. Untuk ketersediaan hijauan pakan ternak terdiri dari luas tanaman pakan ternak (rumpuk gajah,dll) sebesar 12 Ha dan luas lahan gembalaan sebesar 2 Ha.
Sedangkan pemasaran hasil ternak biasanya dijual langsung ke konsumen atau dijual melalui tengkulak dan dijual melalui pengecer. Pada sector perikanan, di Desa Sukanagara membudidayakan ikan air tawar dan memiliki empang/kolam  seluas 1 Ha/m2 dengan menghasilkan 2 Ton/Tahun. Ikan yang dibudidayakan bermacam-macam jenisnya. Pemasaran hasil perikanan tersebut bisa dijual melalui pengecer, dijual ke pasar hewan atau dijual langsung ke konsumen.

0 komentar:

Poskan Komentar